Tuesday, July 15, 2008

Semut Ireng


Semut Ireng
Semut Ireng anak anak sapi
Kebo bongkang nyabrang kali bengawan
Keong gondhang jarak sungute
Timun wuku gotong wolu
Surabaya gegere kepati
Gegere wong ngoyak macan
Den wadhahi bumbung
Alun alun Kartosura
Gajah mekto cinancang ing tembe buri
Patine cineker ayam

Terjemahan bebas:
(Dari rakyat kebanyakan melahirkan Pemimpin Besar)
(Bila Kutu bisa menyeberang sungai)
(Bila keong bisa melihat jauh)
(Bila beban berat dipikul bersama)
(Surabaya terjadi perang besar)
(Keributan mencari pemimpin/raja)
(Ditangkap dan dipenjara)
(Suatu negara yang luas Indonesia)
(Gajah putih(Belanda) akan terjerat dibelakang hari)
(Matinya di cakar ayam(Jepang) )
Kalau mendengar tembang diatas, teringat masa kecil dimana Bapak sering nembang Semut Ireng agar aku bisa cepat Bobok (sambil mijit mijit kakiku yg kecapekan main bola, Mungkin Bapak waktu itu tidak bisa menyanyikan lagu Nina Bobok.
Tapi yang pasti tembang itu membuat tenang dan sangat membekas sampai sekarang.
(Dulu aku sering nambahin kata kata SOLO dibelakang Kebo bongkang nyabrang kali bengawan.... dan diakhir lagu aku tambahin Trondhol....setelah bapak selesai nembang patine Cineker ayam..... Dan kita tertawa bersama...)
Dan sekarang giliran aku menjadi Bapak, aku berharap bisa ura ura/Nembang seperti Bapak.
Kemarin My Son Gesit "Kaka" Panuluh liyer liyer karena kecapekan latihan tengkurep.
Terinspirasi kenangan masa lalu, Aku nembang Semut Ireng semaksimal yang aku bisa + mijit kakinya dengan harapan "Kaka" ku bisa pulas boboknya seperti aku dimasa kecil.
LHADALAH.... .kaka gak jadi bobok tapi malah nangis....
Jaman yang sudah berubah ataukah memang suaraku yang teramat payah sehingga bayipun merasa gak enak mendengarnya. ..
Ataukah "Kaka" lebih pulas tidurnya kalau aku ganti semut Ireng dengan Semut Hitam nya GODBLESS?

2 comments:

Adiet said...

Tembang yang bagus
Wejangan yang bagus....
Mampir iki mas.
Bambang OT99

luwar said...

Mas Paijo, wong ndeso kata mas thukul, maaf mas jo aku yo wong ndeso lan aku ugo ngrasakake rengeng-rengenge semut ireng Bapakku rikolo tahun 70ang Sak iki wis sedo Bapakku. Mas-mas aku mau maos sing ugo ono pengalaman mbahnya selalu pesen "semut ireng anak-anak sapi" aro kroso aku mbrabak e mas. luwardi@jababeka.co.id